Beranda » Blog » Fakta Menarik MRT Bikin Harga Tanah Jadi Mahal

Fakta Menarik MRT Bikin Harga Tanah Jadi Mahal

Dilihat sebanyak 136 kali | Kategori: Blog

Panca Properti. Pembangunan infrastruktur yang tengah dikebut memberikan dampak positif. Selain membantu meningkatkan daya saing karena adanya pembangunan, ternyata membuat harga tanah di sekitar infrastruktur merangkak naik.

MRT-Jakarta

Contohnya, pembangunan infrastruktur di sektor transportasi yakni Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. MRT Jakarta diresmikan pada 24 Maret 2019.

Baca Juga :
Hary Tanoesoedibjo Beli Rumah Donald Trump Seharga Rp 193 Miliar
Keberadaan MRT Mampu Kerek Harga Properti
– Tips Memilih Bank Pengajuan KPR Syariah
– Keuntungan Bisnis Properti Kost

Berikut fakta-fakta MRT membuat harga tanah merangkak naik

1. Jalur Dilalui MRT Kerek Harga Properti
Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, sistem transportasi massal dalam kota memiliki dampak yang sangat nyata pada kenaikan harga properti.

Keberadaan koridor transportasi baru atau perubahan sistem transportasi massal akan meningkatkan potensi investasi properti di suatu wilayah. Terealisasinya MRT Jakarta Fase I ini akan mendongkrak harga properti karena akan meningkatkan konektivitas, akses masyarakat, dan mengurangi waktu perjalanan.

“Dengan beroperasinya MRT Jakarta Fase I, investasi di bidang properti, akan meningkat di sepanjang jalur MRT tersebut. Harga tanah dan aset properti di sekitar wilayah Jalan Thamrin, Sudirman, Blok M, Fatmawati dan TB Simatupang yang dilalui jalur MRT ini akan terdongrak.

Sedangkan wilayah sekitar Lebak Bulus dan TB Simatupang bisa menjadi kawasan pusat niaga baru di Jakarta Selatan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

2. Rata-Rata Indeks Harga per Kuartal DKI Naik
Rumah.com Property Index menunjukkan rata-rata indeks harga per kuartal DKI Jakarta sepanjang tahun 2018 adalah sebesar 122 poin, naik 4% dari indeks harga per kuartal rata-rata DKI Jakarta di 2017 (year-on-year).

Jika dibandingkan dengan rata-rata indeks harga per kuartal DKI Jakarta, rata-rata indeks harga per kuartal Jakarta Selatan adalah sebesar 149 poin, naik 5% dibandingkan tahun sebelumnya.

3. Para Pencari Properti Meningkat
Kecenderungan kenaikan harga properti di sepanjang jalur MRT ini juga terlihat dari Rumah.com Property Index (RPI).

Data RPI ini memiliki akurasi yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

4. Wilayah Jakarta Selatan dan Timur Kenaikan Paling Besar
Kenaikan rata-rata indeks harga per kuartal di Jakarta Selatan 2018 ini, bersama Jakarta Timur adalah yang tertinggi di seluruh wilayah DKI Jakarta. Jakarta Pusat dan Jakarta Barat mencatat kenaikan sebesar 4% (y-o-y), sementara Jakarta Utara yang terendah, sebesar 2%. (y-o-y).

Kenaikan indeks di Jakarta Selatan diperkirakan sebagai akibat pembangunan MRT Jakarta Fase I. Selaras dengan kenaikan di Jakarta Selatan, daerah perbatasannya pun mengalami kenaikan yang sama. Tangerang Selatan mengalami kenaikan indeks sebesar 4%(y-o-y).

5. Menjamurnya Perkantoran di TB Simatupang
Perkembangan properti di Jakarta Selatan juga tak lepas dari faktor perkembangan properti di ruas jalan TB Simatupang, yang berubah menjadi kawasan bisnis baru.

Kemunculan gedung-gedung perkantoran baru diimbangi dengan munculnya hunian-hunian baru, khususnya apartemen. Sebut saja Arumaya, Izzara, ataupun Midtown Residence, yang terletak tepat di ruas jalan TB Simatupang.

Kemudian ada pula yang sedikit menjorok ke dalam seperti Apple Residence di jalan Jatipadang, serta satu dari sedikit landed house baru di sekitar Simatupang, yakni Simatupang Residence, yang terletak di kawasan Pasar Minggu, sekitar 600 meter dari jalan TB Simatupang.

Untuk apartemen, harga unit studio-nya sudah berada pada kisaran Rp1 miliar ke atas sementara rumah tapak dimulai pada kisararn Rp4 miliaran.

6. MRT Jakarta Dorong Masyarakat Kembali ke Tengah Kota
MRT Jakarta akan berdampak positif dan bisa mendongkrak industri properti yang ada di Jakarta karena bisa memunculkan pusat-pusat hunian, bisnis dan komersial baru.

Selain itu akan juga bisa meramaikan wilayah selatan Jakarta dan Tangerang Selatan yang memiliki kedekatan akses menuju stasiun MRT [okz/eco]

Tags:

Bagikan informasi tentang Fakta Menarik MRT Bikin Harga Tanah Jadi Mahal kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Spring Garden Residence Type A...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 105 m2
  • L. Bangunan: 48 m2

Townhouse Royal Oak Cibubur Ja...

Rumah Dijual di Jakarta Timur
Rp 2.170.288.000
  • L.Tanah: 120 m2
  • L. Bangunan: 140 m2

Promo dan Diskon Rumah 2 Lanta...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 165 m2
  • L. Bangunan: 115 m2

Spring Garden Residence Type P...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 165 m2
  • L. Bangunan: 115 m2

Dijual Rumah 2 Lantai Tipe Pas...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 144 m2
  • L. Bangunan: 115 m2

Promo & Diskon Spring Garden R...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami

Berlangganan Via Email

Gratis Berlangganan Berita Terbaru! Silahkan Masukan Email Anda Untuk Notifikasi Setiap Artikel Terbaru

SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!