Beranda » Blog » Perbedaan SHM dan HGB

Perbedaan SHM dan HGB

Dilihat sebanyak 90 kali | Kategori: Blog

Sebelum Anda deal dalam sebuah transaksi jual beli rumah, sepatutnya jika terlebih dahulu mempelajari status dan kelengkapan surat yang dimiliki. Jangan sampai karena sudah terlanjur naksir dengan unitnya, lalu Anda lalai dan terkesan mengabaikan perintilan yang melengkapinya.

Perbedaan-antara-SHM-dan-HGB
Sebagai langkah awal, perhatikan status hunian tersebut agar dimasa depan Anda tak lagi merasa rancu. Dan lagi, menyelidiki status tanah juga perlu agar tak timbul masalah terkait legalitasnya dikemudian hari.

Baca Juga :
Desain Dapur Modern Mewah Cantik Minimalis
Pemerintah Bebaskan PPN Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Townhouse Royal Oak Cibubur Jakarta
Dijual Rumah Cluster Siap Huni Tipe Pasadena Spring Garden Residence

Pengertian HGB – Sertifikat Hak Guna Bangunan
Dalam perizinan mengenai sebuah bangunan, Anda tentu sudah familiar mendengar mengenai Sertifikat Hak Guna Bangunan atau disingkat dengan sebutan HGB.

Sesuai dengan namanya, HGB (Hak Guna Bangunan) adalah kewenangan yang diberikan oleh pemerintah atau suatu hak yang didapatkan untuk menggunakan sebuah lahan yang bukan miliknya sendiri dengan jangka waktu 30 tahun yang atas permintaan pemegang hak mengikat keperluan serta keadaan bangunan-bangunannya dan dapat diperpanjang sampai dengan jangka waktu maksimum 20 tahun.

Ini artinya, pemegang sertifikat tersebut hanya diberikan kuasa untuk memberdayakan lahan baik untuk mendirikan bangunan ataupun keperluan lain dalam jangka waktu tertentu. Jadi, pemilik properti dengan status HGB hanya memiliki bangunannya saja, sedangkan tanahnya masih milik negara. .

Biasanya, developer atau pengembang menggunakan lahan berstatus HGB untuk membesut unit perumahan dan apartemen.

Dengan sertifikat HGB pun Anda tak serta merta bebas dalam penggunaan lahannya karena harus sesuai dengan perijinan. Tujuan lainnya yang sesuai dengan kriteria sertifikat HGB adalah ketika Anda berencana untuk memiliki properti dengan penggunaan yang hanya sementara.

Properti dengan status HGB juga cocok untuk dikembangkan menjadi sesuatu yang bersifat komersial. Benefit dari properti dengan jenis sertifikat ini bagi Warga Negara Asing merupakan salah satu cara kepemilikan properti.

Pengertian SHM – Sertifikat Hak Milik
Sertifikat Hak Milik yang merupakan jenjang sertifikat hak atas sebuah tanah yang tertinggi atau terkuat. SHM (Sertifikat Hak Milik) adalah jenis sertifikat yang pemegangnya memiliki kekuasaan penuh sebagai pemilik dari lahan disebuah kawasan dengan luas tertentu yang tercantum dalam surat dengan waktu yang tidak terbatas.

Dengan demikian, pemegang sertifikat yang tercantum dalam surat menjadi pemilik seutuhnya tanpa adanya campur tangan dan kemungkinan kepemilikan bagi pihak lain.

Perbedaan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB)
Perbedaan SHM dan HGB dapat dilihat dari tingkat kuasa dan jangka waktu kepemilikan properti. Jika Sertifikat Hak Milik dapat diwariskan dan tidak memiliki batasan waktu kepemilikan maka Hak Guna Bangunan memiliki batasan waktu dan diperkenanan untuk diperpanjang masa penggunaannya.

Sertifikat Hak Milik pun bisa di gunakan sebagai jaminan kepada lembaga keuangan jika Anda ingin mengajukan kredit hal ini berbeda jika Anda hanya memiliki sertifikat Hak Guna Bangunan.

Oleh karena itu, bila bertekad untuk menetap di bangunan dan tanah dalam jangka waktu lama atau berencana untuk investasi jangka panjang, sebaiknya membeli properti dengan status Sertifikat Hak Milik.

Bagikan informasi tentang Perbedaan SHM dan HGB kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual Rumah Cluster Type Boug...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 118 m2
  • L. Bangunan: 59 m2

Rumah Cluster Tipe Bougenville...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 59 m2
  • L. Bangunan: 118 m2

Dijual Rumah 2 Lantai Tipe Pas...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 144 m2
  • L. Bangunan: 115 m2

Dijual Rumah Royal Oak Cibubur...

Rumah Dijual di Dijual Jakarta Timur
Rp 2.170.288.000
  • L.Tanah: 120 m2
  • L. Bangunan: 140 m2

Dijual Rumah Cluster Siap Huni...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 165 m2
  • L. Bangunan: 115 m2

Promo Diskon 200 Jt-an Rumah T...

Rumah Dijual di Bekasi
Harga Hubungi Kami
  • L.Tanah: 105 m2
  • L. Bangunan: 48 m2

Berlangganan Via Email

Gratis Berlangganan Berita Terbaru! Silahkan Masukan Email Anda Untuk Notifikasi Setiap Artikel Terbaru

SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!